Gandoriah Beach


Gandoriah Beach

Pantai gandoriah, Pariaman
Assalamualaikum sanak,.

Berbicara soal kota favorit, salah satu jawaban saya adalah kota Pariaman. Kenapa Kota Pariaman? karena kota pariaman merupakan sebuah kota dengan estetika yang luar biasa dan menyangkut banyak makna. Kota ini berada di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. Banyak hal yang bisa kita temui di kota ini. Mulai dari Wisata Alam, wisata budaya dan lain-lain. Kali ini kita akan berbicara mengenai wisata alam yang ada di kota Pariaman. Begitu banyak tempat wisata yang ada dipariaman, bahkan karena terlalu banyaknya, mungkin kita akan kesulitan untuk menyebutkannya satu persatu. Tapi kita akan menjelaskan dari wisata Pantai Gandoriah.

Pantai Gandoriah, salah satu pantai yang paling dikenal di Pariaman sekaligus icon pariwisata di kota Pariaman. Pantai ini menjadi pusat wisata bagi para wisatawan karena letaknya yang strategis. Selain itu fasilitas dari pantai ini juga memadai, misalnya jika para wisata telah selesai main-main, mandi di tepi pantai maka bisa membersihkan diri di kamar mandi yang tidak jauh dari pantai ini dengan membayar seharga Rp 2000. Disekitar pantai  ini kita bisa melihat banyak hal seperti para pedagang dengan beragam dagangannya. Salah satu makanan Khas dari kota Pariaman khususnya pantai ini adalah sala lauak, atau keripik kepiting dengan harga yang terjangkau. Untuk itu jangan khawatir jika wisatawan ingin membawa buah tangan atau oleh-oleh untuk pulang. 

Untuk menikmati panorama pantai ini disepanjang pantai disediakan tenda-tenda kecil plus dengan kursi santainya. Jika para wisatawan haus atau ingin bersantai melihat pemandangan laut bisa mampir disini. Kita bisa melihat beberapa pulau terbentang, seperti pulau angso duo yang paling dekat dengan pantai gandoriah. Untuk wisatawan yang ingin berlayar ke pulau ini bisa menggunakan kapal atau speedboat dengan harga sekitar Rp 35.000, kalau lebaran mungkin harganya bisa naik. Namun salah satu yang istimewa dari keindahan pantai, yaitu kita bisa melihat sunset di senja hari. Dan kebanyakan dari wisatawan baru akan pulang jika telah usai melihat sunset.  
Mengenai alat transportasi ke pantai ini wisatawan bisa menggunakan kendaraan seperti mobil, motor atau bisa naik kereta api karena pantai ini juga menyediakan fasilitas tempat pemberhentian stasiun kereta api. Jadi bagi yang takut terkena macet nunggu lama dijalan bisa naik transportasi alternatif seperti kereta api.


Baru-baru ini ada hal yang menarik nih dari Pantai ini, yaitu baru dibangunnya sebuah monumen perjuangan TNI AL yang sudah diresmikan oleh Kepala Staf TNI AL yaitu Laksamana TNI Ade Supanda. Monumen ini dibangun di tepi pantai dengan arah memanjang ke arah laut. Bentuk dari monumen ini sendiri seperti kapal perang yang dilengkapi meriam KRI Teluk Tomini-508 diatasnya dan ada tulisan 83 didinding monumen.

Pada bagian belakang monumen berbentuk kapal kita dapat melihat tulisan yang menjelaskan perjuangan TNI AL di Pariaman pada Agresi Militer Belanda II. Dibagian kiri dan kanan monumen juga terdapat tank amfibi PT-76 buatan Uni Soviet pada 1947 yang bertuliskan marinir serta meriam howikzer M30 122 milimiter. 

Jadi, Jika anda ingin mencari tempat liburan, maka kota Pariaman adalah salah satu yang masuk dalam daftar trip anda.





Komentar