Anjungan Seni Idrus Tintin



Wisata Budaya 
Anjungan Seni Idrus Tintin



Assalamualaikum dunsanak kasadonyo....


Pada kesempatan ini, saya akan berbagi cerita mengenai wisata budaya, yang cukup menarik dan unik yaitu Anjungan Seni Idrus Tintin. Anjungan Seni Idrus Tintin berasal dari nama seorang seniman yang bernama Idrus Tintin. Bangunan ini terletak di Jl Soedirman, Pekanbaru atau yang lebih dikenal masyarakat Pekanbaru dengan arena Purna MTQ.
Arsitektur bangunannya sangat unik,seperti sebuah istana kerajaan yang dipadu padankan dengan warna kuning yang lebih dominan sehingga menambah kesan mewah pada bangunan ini. Dan tentunya desain atap bangunan juga mengedepankan unsur budaya melayu. Selain arsitektur, Anjungan Seni Idrus Tintin juga memiliki halaman yang cukup luas, hanya saja sedikit gersang karena tidak adanya pohon disekitar halaman. Di bagian belakang bangunan terdapat beberapa rumah ciri khas melayu.

Untuk situasi di dalam Anjungan Seni Idrus Tintin sendiri, saya tidak mengetahui secara detail, dikarenakan saya tidak bisa masuk ke dalam gedung. Untuk masuk kegedung ini biasanya jika ada acara atau pertunjukan teater seni dan sebagainya kata salah seorang bapak yang saya temui di gedung ini. Namun menurut informasi yang saya dapatkan dalam gedung ini terdapat banyak lukisan, pajangan dan foto-foto seniman Idrus Tintin beserta karya-karyanya dahulu.

Nah, untuk sore hari kondisi di Anjungan Seni idrus Tintin biasanya dijadikan sebagai tempat tongkrongan bagi muda mudi, objek foto dan bahkan yang datang kesini sekedar berfoto-foto. Disisi lain sekitar halaman gedung juga terdapat pedagang-pedagang dengan bermacam dagangan. Suasana berbeda juga bisa kita rasakan di sekitar gedung ini misalnya adanya tenda-tenda pertunjukan sirkus atau pasar malam yang akan beroperasi jika diadakan acra.
Sekian dari saya sedikit info tentang Anjungan Seni Idrus Tintin. Jika teman-teman berkesempatan bisa datang kesini untuk menambah pengetahuan kita mengenai budaya melayu.

Komentar