Pagaruyuang Palace


Istano Pagaruyuang

Suasana didalam Istana Pagaruyuang, Batusangka

Assalamualaikum sanak,.

Setiap daerah atau propinsi tentunya memiliki budaya yang berbeda-beda, baik dari segi bahasa, adat istiadat, pakaian adat, rumah adat, dan lain-lain. Salah satunya yang kita bahas yaitu dari segi rumah adatnya. Begitu juga dengan  Sumatera Barat yang memiliki ciri khas sendiri tentang rumah adat. Istana pagaruyuang atau nama lain dari rumah gadang merupakan rumah adat dari Sumatera Barat yang memiliki pekarangan halaman yang cukup luas serta dibekali pemandangan bukit yang indah. Beberapa bulan lali, tepatnya ketika liburan semester 3, saya lebih tertarik untuk liburan ketempat yang mengandung unsur budaya dan sejarah dari Minangkabau sendiri. Tidak hanya itu tempat wisata ini merupakan simbol atau identitas dari Sumatera Barat. Nah yang saya maksud disini adalah Istana Baso Pagaruyuang atau yang lebih biasa disebut Rumah gadang. Rumah gadang ini berlokasi di kecamatan Tanjung Emas, Kota Batusangkar, Kabupaten Ranah Datar, Sumatera Barat. Rumah gadang juga dikenal sebagai objek wisata budaya. 

Rumah gadang memiliki atap berbentuk tanduk kerbau atau atap bagonjong yang memiliki lantai bertingkat tiga. Di lantai pertama kita bisa menemukan informasi seputar rumah gadang atau peninggalan benda-benda sejarah. Kita bisa melihat melalui rekaman atau video seputar rumah gadang seperti rekaman ketika rumah gadang terbakar karena disambar petir beberapa tahun lalu ditahun 2007 yang melalap habis sebagian dokumen dan kain hiasan. Dan kemudian diperbaiki dan di renovasi seperti saat sekarang ini. Kemudian kita bisa melihat bermacam-macam keris dan benda lainnya. 




Selain itu di lantai pertama di tata dengan beberapa patung lengkap dengan pakaian adatnya. Disisi lain juga ada hiasan kain kelambu atau singgasana (tempat bersanding raja dan putri). Di lantai kedua kita juga bisa menemukan hiasan kelambu. Namun disini kita bisa mengabadikan moment yang bagus dengan berfoto berlatar belakang pemandangan bukit,  pohon dan replika rumah gadang dalam bentuk kecil. Dan di lantai paling atas luas ruangannya lebih kecil dari lantai sebelumnya. Disini kita bisa melihat beragam bentuk ukiran dari rumah adat Minangkabau.

Yang menarik dari rumah gadang, karena bentuknya seperti rumah panggung di bagian bawah rumah ada kolom atau lantai paling bawah yang dilengkapi dengan penyewaan baju adat minangkabau lengkap dengan aksesorianya. Harga penyewaan baju adat ini Rp 35.000. Dengan harga yang terjangkau kita bisa mengenakan bajunya sambil berfoto untuk mendapatkan moment spesial.
Selain dari bentuknya bertingkat tiga, rumah gadang juga memiliki halaman yang luas. Di sekeliling rumah gadang terdapat empat rangkiang dan patung kerbau, dimana rangkiang ini dulunya berfungsi untuk menyimpan padi. Masing- masing rangkiang memiliki fungsi yang berbeda-beda. Di halaman belakang rumah gadang terdapat kolam dan replika kecil dari rumah gadang.

Jadi untuk anda yang ingin mengetahui informasi seputar istana pagaruyuang atau ingin berlibur ke tempat wisata namun belum ada tujuan, anda bisa berkunjung ke istana pagaruyuang di Batusangka.

Komentar