Mesjid Agung An-nur Riau


Masjid Agung An-Nur Riau


Assalamualaikum,.

Untuk pertama kalinya saya mengunjungi Masjid yang menjadi icon dari kota Pekanbaru. Mesjid itu adalah Mesjid Agung An-nur Riau. Mesjid Agung An-nur Riau adalah salah satu mesjid terbesar sekaligus terindah di Pekanbaru. Mesjid Agung An-nur terletak JL Soedirman, kota Pekanbaru tepatnya di jln Hang Tuah. Selain itu lokasi dari mesjid ini bisa dikatakan sangat strategis karena berada tepat di depan RSUD Pekanbaru. Jadi bagi para kerabat yang sedang menjenguk keluarganya yang sedang berada dirumah sakit, mereka bisa melakukan ibadah di mesjid ini.

Nah untuk bentuk bangunan atau arsitek dari Mesjid ini memiliki arsitektur yang sangat unik. Bisa kita lihat arsitektur dari mesjid ini terdiri dari perpaduan nuansa Arab, Turki, dan India. Selain itu mesjid ini juga disebut-sebut mirip dengan Taj Mahal yang ada di India. Bisa dikatakan Taj Mahalnya Pekanbaru. Selain arsitek bangunan, Mesjid Agung An-nur juga memiliki menara yang berada di sisi kiri dan kanan mesjid.

Mengenai fasilitas, Mesjid ini tergolong mesjid yang memiliki fasilitas lengkap. Misalnya disediakan arena parkir lengkap dengan penjagaannya, kemudian di lantai pertama Mesjid disediakan tempat khusus untuk sandal dan orang yang menjaga sandal. Tidak hanya tempat sandal, mesjid ini juga dilengkapi dengan eskalator yang berada di depan pintu masuk.


Untuk arsitektur di dalam mesjid, itu dilapisi cat putih dengan kombinasi hijau, dan sedikit sentuhan warna kuning. Hal ini juga akan menambah keindahan serta mencerminkan jika tempat ibadah itu bersih dan suci. Tidak hanya itu, disini dilengkapi juga dengan pendingin ruangan yang menambah kenyaman bagi orang-orang yang datang. Fasilitas tempat wudhunya juga bersih dan lengkap sehingga orang yang datang tidak mengalami kesulitan jika hendak berwudhu. Mukena di mesjid ini juga bersih dan terawat.



Tidak hanya bangunannya yang besar, namun halaman mesjid An-nur ini juga sangat luas. Hal ini didukung dengan adanya kolam yang lumayan besar yang berada di halaman mesjid. Disisi kiri dan kanan mesjid juga didirikan stand atau tenda-tenda bazar seperti bazar pakaian, jilbab dan lain-lain. Banyak hal yang bisa dilakukan di mesjid ini. Biasanya di sore hari masyarakat sekitar atau para pengunjung melakukan aktifitas seperti berolahraga, latihan dance dan berfoto-foto. Tidak hanya difungsikan sebagai tempat beribadah, mesjid An-nur juga menjadi tujuan wisata dari para pengunjung


Ketika sore menjelang malam, dari sudut yang berbeda terpancar sunset atau matahari terbenam dibelakang mesjid ini yang menambah keindahannya. Sembari menunggu adzan magrib, kita bisa menyaksikan panorama matahari terbenam. Di malam harinya kerlap- kerlip lampu menghiasi sudut-sudut bangunan Mesjid An-nur. Ketika saya kesini ada pesan yang saya dapatkan, walaupun mesjid ini merupakan salah satu objek wisata kota Pekanbaru, namun tidak melupakan fungsi utama dari mesjid ini sebagai tempat beribadah. Dan ini terbukti ketika saya melaksanakan sholat isya disini, mesjid ini dipenuhi oleh jamaah yang hendak melaksanakan sholat isya sekaligus sholat tarawih.

Komentar